Manfaat Bawang Putih dan Daun Sirih

Posted by Diah Chamidiyah Blog on Minggu, 01 Mei 2011

Manfaat Bawang Putih

Hari minggu, biasanya aku pakai untuk membersihkan perlengkapan untuk kerja besok, misalnya sepatu. Setelah dipakai selama lima hari, tentu harus dibersihkan. Nah… hari minggu merupakan saat yang tepat untuk membersihkan sepatu dan teman-temanya.
Dengan semangat empat lima, aku siapkan lap yang  kuambil dari jemuran di bawah pohon mangga, semir dan sikat. Oke deh… saatnya sikat menyikat nih… hehehehe
Sret… sret…sret…. kusikat sepatu satu demi satu… setelah selesai siap mengoleskan semir pasta, dan menggosok sekuat tenaga…setelah itu, jemur dulu sebentar, baru di gosok pakai lap kain. Nah kinclong deh… tapi, tunggu dulu…. apaan nih… masak kainnya berbulu dan empuk?
Hi………… ternyata kain lapnya dipake rumah oleh si ulat bulu yang biasa cari makan di pohon mangga… walhasil, tanganku jadi gatal-gatal n bentol bentol. Mau oles pake minyak gosok atau balsem, ga tahan ma panasnya. Aduh,  gimana donk? ke dokter? kan hari minggu, semua dokter juga libur tuh….
Tiba-tiba aku ingat salah satu manfaat dari bumbu dapur yang bisa menghilangkan racun atau bisa. Yups… bawang putih…
Segera aku lari kedapur, ambil satu siung bawang putih, kupas kulitnya, kuhaluskan bawang tersebut. Setelah itu, aku pake untuk luluran di tangan yang kena ulat bulu. Ajaib… tak berapa lama, gatal-gatal dan bentol nya hilang tak berbekas. Ampuh juga tuh bawang. Akhirnya kegiatan semir sepatu pun dapat selesai dengan lancar.
Semalam lihat berita di TV bahwa beberapa kecamatan di Jatim terkena serangan ulat bulu. Pemda sudah menyemprot ulat bulu dengan insektisida. Akan tetapi belum berhasil juga. Siapa tahu dengan menyemprot si ulat bulu dengan larutan bawang putih bisa menghilangkan ulat bulu (ngarang.com)…….. hihihihihi…
Apa dan bagaimana dengan si bawang putih ya? nih, kira-kira seperti ini nih… (kata Om wikipedia)
Bawang putih adalah nama  dari Genus Allium  sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau “angur”.Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia. Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.
Masih banyak kasiat bawang putih. Silahkan googling sendiri ya.
Nah, bagi yang kena ulat bulu, kayaknya boleh mencoba cara tersebut diatas. Semoga bermanfaat ^_*
Manfaat Daun Sirih

Satu lagi pengalamanku dengan tumbuhan tradisional Indonesia yaitu daun sirih. Daun ini sangat ajaib dan banyak manfaatnya.Setiap ke pasar untuk beli daun sirih, selalu dikira pesanan nenek ku untuk “nginang”. Padahal, mau dipakai sendiri. hehehehe. Menurut tante Wikipedia, sirih adalah merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir (berwarna merah, seperti batu), buah pinang (jambe) dan kapur (batu gamping), yang disebut nginang tadi.
Ciri-ciri dan kandungan daun sirih
Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.  Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap
Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.  Di Jawa tengah, jika ada yang mau melamar untuk menikah, bukan untuk mendapat pekerjaan, maka seorang laki-laki harus menyiapkan buah pinang dan daun sirih (jambe suruh istilah jawanya) sebagai hantara untuk calon mempelai wanitanya. Selain untuk nginang dan hantaran melamar calon istri, daun sirih juga bisa untuk obat.
Berikut ini beberapa manfaat daun sirih yang sering aku praktekan dirumah:
Untuk mengobati dan mencegah penyakit keputihan (penyakit yang sering menyerang wanita), yaitu dengan merebus 5-10 lembar daun sirih, kemudian airnya dalam kondisi hangat digunakan untuk cebok.
Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan
Untuk mengobati sariawan (suami yang hoby ma penyakit satu ini) , sakit gigi dan bau mulut, ambil satu atau dua lembar daun sirih kunyah kunyah sampai halus, baru berkumur dengan air. Lakukan dengan teratur…
Selain itu, bisa juga untuk antibiotik tubuh, caranya dengan minum air rebusan daun sirih.
Tuh kan, alam Indonesia memang telah menyediakan berbagai macam obat bagi penyakit yang ada.
Aku bangga menjadi warga negara Indonesia dan hidup di Indonesia.


Semoga bermanfaat ^_*
sumber: om Google dan tante wikipedia
130153760338811957

Blog, Updated at: 08.50

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Followers