Manfaat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan

Posted by Diah Chamidiyah Blog on Selasa, 06 Maret 2012



Pernah mengalami hingga tengah malam tidak dapat tidur? Atau tiba-tiba perut terasa mulas? Atau kepala pusing, mual dan ingin muntah? Atau tiba-tiba panas tinggi? Dan semua terjadi pada tengah malam!

Apalagi jika kita tinggal di desa terpencil, sulit untuk mendapatkan pertolongan secara medis. Jauh dari rumah sakit. Nah, kenapa kita tidak mencoba melongok dapur kita? Di dapur kita, berjuta obat alternatif telah tersedia, tinggal bagaimana kita mengolahnya.

Saya juga tinggal di Desa. Walaupun akses ke RS mudah, dan banyak dokter membuka praktek dirumah, saya sering mengobati sendiri beberapa penyakit ringan. Bahan-bahannya mudah, karena menggunakan bumbu dapur, dan yang lebih pasti, lebih aman karena bumbu dapur termasuk herbal/ alami. Berikut sebagian bumbu yang bisa dijadikan obat :

1. Jahe

Terkenal dengan nama Ginger. Terdapat beberapa jenis jahe, diantaranya jahe merah (rasanya lebih pedas) dan jahe kuning. Nama ilmiahnya adalah Zingiber officinale ini mempunya beribu khasiat bagi kesehatan, diantaranya dapat mengobati masuk angin, perut kembung, mengobati mual dan gangguan pencernaan. Jahe juga terbilang manjur untuk mengobati masalah sirkulasi darah, rematik, dan kram perut. Manfaat jahe lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol, mengobati mabuk perjalanan, perut kembung, membuat diare berhenti, mengatasi migren dan tentu saja menyegarkan bau mulut. Jahe juga dapat mengatasi sakit pada penderita diabetes. Ramuan akar jahe juga mampu meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan sistem kardiovaskular. Petani cabai menggunakan jahe sebagai pestisida alami. Karena jahe aromanya harum menyegarkan, maka jahe juga bisa digunakan sebagai aromatherapy, dipakai sebagai campuran lilin dan sabun, bahkan minyak wangi. Hemmmm harum.

Kandungan kimia yang terdapat pada jahe adalah minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

2. Kencur.

Rimpang akar yang satu ini mempunyai aroma yang khas. Nama latinnya adalah Kaempferia galangal. Biasanya kencur untuk bumbu urap dan sayur bersantan. Kencur bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya batuk, flu, sakit kepala, keseleo, radang lambung, memperlancar haid, radang telinga, membersihkan darah kotor, mata pegal, diare, masuk angin. Kencur juga dapat dijadikan lalapan (saya sih tidak begitu suka rasanya). Sangat sering untuk obat batuk murah dan aman, yaitu kencur diparut, ambil airnya satu sendok, kasih garam sedikit, langsung diminum. Lumayan hasilnya.

Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah pati (4,14%), mineral (13,73%), dan minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom.

3. Kunyit.

Dari daun hingga akarnya sangat berguna bagi manusia. Kunyit merupakan antibiotic alami. Kunyit dapat menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya diabetes, tifus, usus buntu, disentri, keputihan, memperlancar haid, perut mulas saat haid, amandel, batuk lendir, memperlancar ASI, cangkrangen, usus buntu bahkan menyembuhkan ngorok. Si Kunyit ini juga dapat menjadi obat alternative bagi kangker. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai pewarna alami yaitu kuning. Saya sering meminum kunyit yang direbus, untuk mengurangi perut mulas karena haid dan untuk meringankan diabetes militus, soalnya gula darah saya tidak stabil.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit sering disebut sebagai kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, kemudian desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Zat- zat bermanfaat lainnya yang ada pada kunyit seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

4. Pala

Bumbu dapur ini dapat menjadi obat tidur alami. Nama ilmiahnya adalah Myristica fragrans. Berkali-kali saya sudah mempraktekkannya. Semula, saat masih duduk di bangku SMP, saya sering insomnia. Oleh ibu, saya disuruh minum air hangat yang diberi sedikit pala. Tak berapa lama, saya pun telah pulas. Dan esoknya, tidak mengantuk. Suami juga pernah mengalami insomnia akibat mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Hingga jam 3 pagi belum tidur. Saya pun membuatkan ramuan wedang pala. Tak sampai sepuluh menit setelah meminumnya, suami sudah pulas.

Hampir semua bagian buah pala mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik (memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan), karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah), nyeri haid, rematik.

Berdasarkan hasil riset penelitian yang dilakukan National Science and Technology Authority, dalam bukunya Guidebook on the proper use of medicinal plants. Buah pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan
Kulit dan daging buah pala misalnya, terkandung minyak atsiri dan zat samak. Sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

5. Merica.

Biasa juga disebut lada. Nama ilmiah adalah Piper nigrum. Merica atau lada ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya: sakit kepala, bau berkeringat yang kurang sedap, haid yang tidak teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos, sakit gigi, asma, hernia dan penyakit kulit seperti kurap, kadas, eksim, obat kuat, dan juga meningkatkan gairah seks bagi wanita. Merica yang pedas, dapat mengusir hawa dingin ditubuh. Makan sup yang dibubuhi merica dapat pula meringankan sakit kepala.

Kandungan kimia dalam lada atau merica adalah saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putih telur (protein), amilum (karbohidrat), piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillene oksida, kariptone, tran piocarrol, dan minyak lada. Sifat kimiawi lada adalah pedas dan beraroma sangat khas

6. Lengkuas.

Lengkuas biasa disebut Laos (jawa). Nama ilmiah lengkuas adalah Alpina galanga SW. Walaupun sudah kering dan bentuknya seperti ranting kayu, lengkuas masih tetap berkhaiat. Lengkuas dapat menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya mengobati panu, kurap, sakit kepala, nyeri dada, menguatkan lambung, rematik, dan bisa untuk obat gosok. Dapat sebagai anti demam, membersihkan rahim, dan bronchitis.

Beberapa kandungan kimia lengkuas adalah: saponin, tanin, flavonoida, dan minyak atsiri. Selain itu, terdapat kandungan aktif basonin, eugenol, galangan, dan galangol.

7. Daun salam.

Daun salam adalah salah satu bumbu penyedap bagi masakan, terutama masakn berkuah santan. Nama ilmiah daun salam adalah Syzygium polyanthum.walaupun sudah kering, daun salam masih bisa digunakan, baik sebagai obat, maupun sebagai penyedap makanan. Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi rebusan daun salam: asam urat, diabetes, menurunkan kolesterol, mengatasi diare, maag, hipertensi,eksim dan masih banyak lagi.

Kandungan daun salam secara kimiawi adalah 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya.

8. Sereh.

Baunya yang harum serta mengandung citronella yang sangat dibenci nyamuk. Nama ilmiah sereh adalah Cymbopogon nardus. Sereh dapat mengobati beberapa penyakit, diantaranya sakit kepala, nyeri lambung, diare, batuk, pegal-pegal, menghilangkan bau badan tak sedap, dan obat nyamuk alami. Tak hanya itu akar: digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Kandungan kimiawi sereh adalah komponen utama sitronelol, geranial (lebih kurang 35% dan 20%), disamping itu terdapat pula geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, dan metileugenol. Sitronelol hasil isolasi dari minyak atsiri sereh terdiri dari sepasang enansiomer (R)-sitronelal dan (S) sitronelal

9. Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini bisa pula menjadi lalapan, seperti pada bumbu sate. Manfaatnya sangat besar, diantaranya bisa menghilangkan susup (serpihan kayu yang masuk kedalam kulit), masuk angin, batuk, haid tidak teratur, kencing manis, obat cacing, demam pada anak-anak (obat luar), perut kembung pada anak-anak (obat luar), mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah, memberikan peluang kesembuhan pada penderita asma, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak di dalam darah, mencegah naiknya gula darah pada penderita diabetes mellitus.

Bawang merah mengandung: Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati

10. Bawang Putih

Tetangga saya sudah membuktikan bahwa bawng putih dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, mengobati flu, batuk, kanker, menurunkan kadar kolesterol, membuat awet muda, menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan tukak lambung, meningkatkan insulin bagi penderita diabetes, penawar racun, menjaga stamina tubuh.

Kandungan kimia bawang putih adalah minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan bawng putih yang lain adalah allicin dan aliin, kalsium, saltivine, diallysulfide, alilpropil-disulfida, belerang, protein, lemak, Fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Melihat manfaat dan kandungan bumbu dapur diatas, masihkah kita meragukan kekayaan tanah air kita yang berupa empon-empn tersebut? Ah, kalau saja kita mau berkorban sedikit dengan bersusah payah didapur, saya yakin anggaran untuk ke RS dapat dialihkan untuk yang lain, beramal misalnya.

Salam sehat,

Dari berbagai sumber

Blog, Updated at: 21.37

1 komentar:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Popular Posts

Followers