Tips dan Trik menjadi guru

Posted by Diah Chamidiyah Blog on Minggu, 01 Mei 2011

Belajar memang bukan hanya butuh konsentrasi yang tinggi, tetapi juga ada foktor lain dari luar yang sangat mendukung keberhasilan dalam belajar,  diantaranya adalah guru. Guru yang baik tentu saja guru yang bisa dipahami anak didiknya, sehingga pelajaran yang disampaikan dapat diserap dengan baik oleh anak didik. Saya ingin membagi pengalaman sebagai guru dalam mengajar. Berikut ini tips n trik jadi guru:
1. Penampilan

Tak dapat dipungkiri, kesan pertama akan terpatri dibenak siswa. Bayangkan, kita sendiri ga mau liat pemandangan yang mengerikan saat kita belajar, so itu juga berlaku untuk murid kita. Minimal baju rapi ma senyum di bibir dah kasih kesan yummy :D
2. Jelas
Menyampaikan materi dengan jelas tanpa berbelit-belit, dengan bahasa yang mudah dipahami. Saya masih ingat perkataan Prof. Syafi’i Maarif, bahwa tidak semua orang mengerti dengan bahasa tinggi, makanya pakai saja bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kan tidak semua anak didik kita pinter, makanya, bahasa yang tinggi di barengi dengan bahasa yang mudah dimengerti.
3. Menepati janji
harus itu, ga jadi guru juga harus menepati janji. Kata orang janji adalah hutang dan hutang harus kita bayar. Sama kalo guru sudah berjanji ulangan, ya harus ulangan, jangan sampai tidak  jadi. Apalagi sampai membuat janji-janji palsu nanti akan ditiru muridnya setelah jadi wakil rakyat. Hahahhaha
4. Mampu membuat kelas “hidup”
Jadikan suasana dikelas menyenangkan. Walaupun mengajar matematika, jika suasana kelas asik, tentu siswa akan mudah menyerap materi yang di ajarkan. Killer bukan jaminan siswa mampu menjawab soal. Kalo bisa dengan santai, ngapain dibuat susah?
5. Dengan hati
Mengajar dengan menggunakan hati, sehingga meresap dalam sanubari…..
demikian tips n trik jadi guru, semoga bermanfaat
salam

Blog, Updated at: 08.46

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Followers